Menu
Suara Masyarakat Indonesia

7 Ras Anjing Bermata Biru yang Indah, Apa Saja?

  • Share


JAKARTA, KOMPAS.com – Anjing umumnya memiliki bola mata berwarna hitam dan coklat. Namun, ada beberapa ras anjing yang bermata biru meski jumlahnya sangat sedikit sekitar lima persen dari semua anjing yang lahir. 

Mata biru pada anjing adalah ciri fisik langka yang membuat penampilan terlihat sangat mencolok. Namun, menurut Laura Robinson, dokter hewan dan penasihat medis di Pawp, anjing dengan mata biru menunjukkan ada beberapa kelainan. 

Baca juga: Asa Usul Anjing dan Kucing Kerap Bertengkar

Laura mengatakan terkadang hal ini bisa disebabkan varian genetik seperti dialami Siberian husky, sementara ada gen lain yang menyebabkan mata biru pada anjing yang ‘piebald’ atau anjing berwarna putih. 

Lantas, ras anjing apa saja yang memiliki mata biru? 

Nah, disadur dari Reader’s Digest, Minggu (18/9/2022), berikut ras anjing bermata biru yang indah dan memukau.

Siberian husky

Ilustrasi anjing Siberian huskyUnsplash/photo nic Ilustrasi anjing Siberian husky

Dikenal karena bulunya yang tebal, berenergi tinggi, dan daya tahannya, Siberian husky adalah salah satu ras anjing bermata biru paling populer.

Namun, untuk memelihara anjing ini, membutuhkan banyak ruang untuk berlari dan membakar energi mereka. Untuk itu, penting memiliki halaman yang luas.

Selain mata biru, Siberian husky memiliki penampilan cukup mencolok seperti bulu berwarna putih, abu-abu, dan hitam yang sangat kontras. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Miliaran 

English setter

Selanjutnya, ras anjing anjing bermata biru adalah English setter. Anak anjing ini berukuran sedang yang ceria dengan berat 36 kilogram untuk jantan dan 24 kilogram untuk betina serta memiliki pola bulu berbintik-bintik yang unik.

Link Welborn, dokter hewan sekaligus North American Chief Veterinary (NACV) Officer at Covetrus, mengatakan meski biasanya bermata coklat, anjing English setter terkadang memiliki mata biru. 



Source link

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *