Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Valid atau Hoax? Kulit Jeruk sebagai Pemutih Gigi Alami

  • Share


Memiliki gigi putih merupakan impian banyak orang, baik pria ataupun wanita. Cara mudah yang sedang tren adalah melakukan bleaching gigi di Dokter Gigi atau menutupi kuningnya gigi dengan metode Veneer. Tapi, tentu cara-cara ini butuh biaya yang tidak sedikit.

Cara alami memutihkan gigi yang terjangkau pastinya selalu diminati oleh masyarakat. Dan salah satu cara memutihkan gigi yang sedang viral adalah dengan menggunakan kulit jeruk.

Sebuah akun di media sosial facebook membagikan tips untuk memutihkan gigi memakai kulit jeruk, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

-Siapkan kulit jeruk yang maish segar

Baca Juga:Daftar Mobil yang Akan Dilarang Membeli BBM Subsidi Pertalite

-Gunakan bagian dalam (yang putih) untuk menggosok gigi

-Lakukan secara teratur

Tips ini mengundang banyak reaksi, ada yang percaya dan ada yang tidak percaya. Namun, belum ada yang bisa membuktikan kevalidan dari info tips yang diberikan.

Tips ini mengundang banyak reaksi, ada yang percaya dan ada yang tidak percaya. Namun, belum ada yang bisa membuktikan kevalidan dari info tips yang diberikan.

Tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan kulit jeruk dapat menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Menggosokkan kulit jeruk pada gigi selama beberapa menit dapat mengakibatkan erosi email dan bahakn rentan menyebabkan karies gigi karena kulit jeruk memiliki tingkat asam dengan pH 3-4, yang artinya cukup asam.

Baca Juga:Siap-siap Memakai BBM Subsidi, Kuota Pertalite Diperkirakan Hanya Sampai Bulan Oktober

Yang dibuktikan menurut penelitian, karies gigi merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh demineralisasi email dan dentin yang erat hubungannya dengan konsumsi makanan yang kariogenik. Karies gigi merupakan proses multifactor yang terjadi melalui interaksi antara gigi dan saliva sebagai host, bakteri di dalam rongga mulut, serta makanan yang mudah difermentasikan. Diantara berbagai faktor tersebut, saliva menjadi salah satu faktor yang mempunyai pengaruh besar terhadap keparahan karies gigi.

Saliva mempengaruhi proses terjadinya karies karena saliva selalu membasahi gigi geligi sehingga mempengaruhi lingkungan dalam rongga mulut. Derajat Keasaman (pH) saliva merupakan salah satu factor penting yang berperan dalam karies gigi, kelainan periodontal, dan penyakit lain di rongga mulut. Kadar derajat keasaman (pH) saliva yang normal di dalam mulut berada di angka 7 dan bila nilai pH saliva jatuh ≤ 5,5 berarti keadaannya sudah sangat kritis.

Dengan fakta dari penelitian diatas, maka dapat dijadikan penjelasan bahwa fungsi kulit jeruk sebagai pemutih gigi alami adalah Hoax.



Sumber Berita

Sumber Berita

Lihat Video

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.