Menu
Suara Masyarakat Indonesia

Viral Ibu Guru Berikan Simulasi Bahaya Merokok, Bikin Siswanya Melongo

  • Share


Upaya mencegah anak tidak merokok memang perlu dilakukan banyak pihak termasuk guru di sekolah. Hal ini lantaran jumlah perokok usia remaja yang semakin meningkat sehingga perlu dilakukan ragam upaya mengedukasi bahaya rokok pada anak.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia sendiri menempati posisi ke 13 dari seluruh dunia jika dilihat dari jumlah perokoknya. Totalnya mencapai 37,90 persen dari seluruh populasi atau sekitar 53,7 juta jiwa.

Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional tahun 2021 di Indonesia, jumlah perokok paling tinggi ada pada usia 35-39 tahun yakni sebesar 35,55 persen. Selain itu, remaja mulai dari usia 15 tahun turut menyumbang persentase di dalamnya.

Pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI), Dr dr Erlina Burhan, MSc, SpP(K) mengungkapkan bahwa saat ini remaja memang tengah menjadi perhatian khusus dalam persoalan rokok. Menurutnya, ada beberapa alasan yang membuat remaja merokok.

“Ada beberapa alasan, tapi ada lima yang banyak dikatakan. Pertama itu coba-coba, kedua karena dikatakan kalau merokok ini keren. Laki, macho,” ujar Erlina dalam media briefing bersama Ikatan Dokter Indonesia pada Sabtu, 14 Februari 2023.

“Kemudian (ketiga) di kelompok tertentu ini dianggap bisa gabung sama geng atau kelompok, atau begitulah di sekolah atau kampus. Terus yang (keempat), tidak sedikit karena teman atau orangtuanya juga merokok,” tambahnya.



Sumber Berita

Sumber Berita

Lihat Video

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *